Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Have I Be An Adult?

Readers, kasih selamat dong buat gue. Gue kan udah 17 tahun ceritanya sekaraaaang. *bangga? .___. Iyalah, udah diakui gue sebagai warga negara Indonesia yang sah. Udah dapet hak yang mungkin belum didapat kalo belum berumur 17 tahun. Udah bisa dipercaya karena sudah yakin dapat membedakan yang benar dan yang salah.
Udah sanggup ngemban tanggung jawab, baik itu untik diri sendiri, keluarga, teman-teman, sekolah, bangsa, negara, dan seluruh umat muslim seluruh dunia. Udah bisa milih jalan hidupnya sendiri. Dan banyak hal lain yang berguna bisa dilakukan.

Cuma masalahnya, balik lagi ke diri gue sendiri. Udah pantaskah gue dapetin semua itu? Udah sejauh mana persiapan gue untuk ngemban semua tanggung jawab itu? Seberapa bisa dipercayakah gue? Semampu apa gue melaksanakan semua itu nantinya? Dan semua itu tergantung bagaimana persiapan gue sekarang.


10 Oktober 2012, gadis berdarah Padang ini genap berusia 17 tahun. Bagi seorang remaja pada umumnya, ulang tahun ke 17 adalah sesuatu yang spesial dan dinanti-nanti. Sama seperti yang dilakukannya. Namun sayangnya, saking terlalu spesialnya ulang tahun ke-17 si Rahma Atikah Okdiza Putri, dia dapat hadiah spesial yaitu ujian Matematika yang tidak kepalang tanggung susahnya.

Miris memang. Apalagi selama ini harus melihat teman-teman seasramanya mendapatkan kejutan yang spesial di setiap ulang tahun ke-17 mereka. Sedangkan gue sendiri, justru harus menghadapi ujian matematika yang berhasil bikin kepala hampir meledak. Tapi untungnya saja, ucapan 'Selamat Ulang Tahun' yang dinyanyiin sama temen-teman akhwat sekelas setelah absent night bisa menghibur gue. Setidaknya, masih ada rasa respect mereka buat hari ulang tahun gue udah cukup bikin seneng.

Hhhhuuuuuuuuhhhhhhh……. Tahun ke -18 pun telah menanti di depan mata. Sebagai seorang remaja yang sudah dapat dibilang 'cukup umur', hari itulah jadi titik tolak baru buat gue. Bikin paradigma baru buat kehidupan yang ganas yang sudah siap menanti di depan sana. Pola pikir yang kekanak- kanakan sudah harus dibuang jauh-jauh. Tak ada lagi segala tindakan yang dilakukan hanya untuk menghasilkan suatu kesia-siaan. Semua harus punya tujuan. Memikirkan segalanya dari sisi manfaat dan kerugiannya, bukan lagi hanya untuk kesenangan semata.

Pikiran tak lagi hanya tertuju pada apa yang terjadi saat ini, tapi pada apa jadinya nanti di masa yang akan datang. Mind set harus disiapin untuk membayangkan jadi apa kita pada beberapa tahun yang akan datang, bahkan sampai bertahun-tahun selanjutnya. Gue mau kuliah dimana, mau kerja apa, mau punya suami kaya gimana, mau ngajarin anak-anak gue kaya gimana, bla bla bla. Huuaaaaaaa.... entah gue sanngup atau enggak ngadepinnya. Cuma bisa berusaha, doa, then pasrah sama Allah buat ditunjukkan takdir gue ke arah mana.

Yaaahhh... pusing lah kalo udah mikirin kaya gitu. Masalahnya gue sendiri belum tau potensi gue kaya gimana. Belum tau gue mau fokus dimana. Perasaan gak ada kelebihan apapun yang gue miliki. Jadinya malah bingung sendiri.

Balik ke ultah gue, sebenernya gue ngarep bakalan ada yang spesial gitu. Tapi nyatanya enggak. Bahkan yang diharapkan untuk mengucapkan, itu menyampaikan sepatah katapun. Makin bikin bete aja. Pengen yang spesial sebenernya tapi mau berharap apa toh udah berlalu juga. Jadi iri deh sama yang ultah seventeenth-nya dirayain sama yang lain. Astagfirullah! Gak boleh gitu tika, ada hikmahnya.

Tapi bener aja emang ada hikmahnya. Setelah ultah gue kemaren, perasaannya gue lebih dimudahkan untuk menerima hidayah dari Allah. Setiap kali buat salah diingetin, kalo mau buat salah pun dijagain. Jadi makin semangat buat ngedeketin diri sama Allah. Ya, mungkin memang Allah punya caranya sendiri untuk memberikan kejutannya untuk kita. Semoga umur gue kali ini jadi barokah, amin...... :D

Tidak ada komentar: